Rabu, 03 Agustus 2016

Beberapa Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Cara Mencegahnya

BAU MULUT

Sejatinya, mulut digunakan untuk mengeluarkan suara-suara yang nantinya akan direspon oleh lawan bicara yang berada di hadapan ataupun tidak langsung (melalui media seperti handphone). Bila Anda berhadapan langsung dengan seseorang untuk melakukan suatu pembicaraan, semua akan terasa nyaman ketika tidak tercium bau mulut.

Bau mulut adalah masalah kesehatan yang sulit diketahui oleh diri sendiri. Kebanyakan orang mengira untuk mengecek bau mulut, dengan meniup atau menghembuskan napas ke tangan kemudian dicium akan ketahuan napas kita bau atau tidak. Sebetulnya cara tersebut kurang efektif dan bahkan tidak bekerja. Cara yang dibenarkan untuk mengetahui bau mulut sejati adalah menjilat telapak tangan, tunggu air liur kering dan cium telapak tangan Anda. Apabila tercium bau berarti Anda positif mengalami masalah bau mulut.

Penyebab bau mulut cukup Unik. Sariawan termasuk salah satunya, terjadi karena adanya infeksi di dalam mulut yang menyebabkan nanah berbau tidak sedap dari mulut. Merokok patut dikatakan sebagai penyebab bau napas, mungkin Anda sudah tahu alasannya. Dan, yang paling mempengaruhi adalah gigi berlubang. Ini merupakan faktor utama pemicu bau mulut, terjadi karena banyak tumpukan sisa makanan pada sela gigi berlubang yang lama kelamaan mengalami pembusukan dan menimbulkan bau mulut disertai masalah lain seperti gusi bengkak.


CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT

cara menghilangkan bau mulut
Mudah saja, upaya sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi bau mulut tidak sedap adalah dengan rutin menggosok gigi setiap kali mandi, ditambah dengan berkumur saat bangun dan menjelang tidur. Lebih jelasnya mengenai cara menghilangkan bau mulut dengan cepat, berikut ini tips yang berhasil kita rangkum dari beberapa situs kesehatan terpercaya.

Gunakan obat kumur anti-bakteri
Hasil gambar untuk OBAT KUMUR ANTI BAKTERI
LISTERINE
Setiap bangun tidur, usahakan untuk segera berkumur dengan obat kumur anti-bakteri selama beberapa detik. Kebiasaan ini akan membuat bakteri yang bersarang di dalam mulut ketika Anda tidur menjadi berkurang dan plak juga ikut berkurang.

Rutin menggosok gigi
Hasil gambar untuk GOSOK GIGI
GOSOK GIGI
Hal paling mendasar yang harus Anda lakukan adalah rutin menggosok gigi, setidaknya 2 kali sehari. Ketika menggosok gigi janganlah terlalu agresif karena hal tersebut bisa menghancurkan enamel yang membuat gigi Anda lebih rentan terhadap kerusakan.

Berhenti merokok
Hasil gambar untuk berhenti merokok

Untuk 100% berhenti dari kebiasaan merokok memang sulit, dan sangat sulit. Tetapi bila Anda tidak ingin dijauhi orang-orang sekitar karena bau napas Anda, lebih baik motivasi diri untuk mengurangi kebiasaan merokok hingga nanti dapat berhenti total. Jika Anda butuh sedikit bantuan, belilah nikotin tempel yang dijual di apotik. Hal tersebut akan membantu mengurangi keinginan merokok.

Ganti manisan permen dengan permen karet bebas gula
Hasil gambar untuk Ganti manisan permen dengan permen karet bebas gula

Setelah makan malam, jangan mengunyah permen manis karena akan mendorong pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang berdampak pada bau mulut. Sebaiknya, Anda mengganti permen manis dengan permen karet tanpa gula. Menurut salah satu Dr. Kesehatan Gigi terkemuka: “Permen karet dapat memberi pertahanan alami terhadap asam plak penyebab kerusakan gigi dan bau mulut dengan cara merangsang produksi air liur lebih banyak”.

Kawat gigi sebaiknya dibersihkan secara berkala
Hasil gambar untuk Kawat gigi sebaiknya dibersihkan secara berkala

Ini khusus untuk Anda yang menggunakan kawat gigi dengan tujuan medis, bukan mengikuti trend. Kawat gigi termasuk alat penahan yang menempel pada gigi. Alat ini harus dibersihkan secara menyeluruh setiap kali menggosok gigi, pastikan agar semua celah dan sudut sudah dibersihkan.


Konsumsi Vitamin C
Hasil gambar untuk vitamin c

Banyak buah-buahan yang menjadi sumber vitamin C, contohnya yang paling terkenal adalah buah jeruk. Vitamin C akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Vitamin C juga bisa Anda dapatkan dari suplemen seduhan.

Minum green tea
Hasil gambar untuk GREEN TEA

Nama teh hijau semakin kesini semakin populer namanya. Ini karena terdapat banyak sekali khasiat kesehatan dari teh hijau, teh hijau berperan sebagai pelindung gigi dari kerusakan dengan cara menghilangkan plak dan membunuh bakteri yang menempel pada gigi ataupun mulut berkat senyawa aktir bernama catechin di dalamnya. Ketika bau mulut, minumlah 2 - 3 cangkir teh hijau dalam sehari.

Setelah bau mulut sudah teratasi, langkah berikutnya yang sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan pencegahan dengan mengikuti beberapa cara mencegah bau mulut tersebut. Alhasil, napas Anda akan terasa segar sepanjang hari.

Dengan napas yang segar, mulut sehat, dan gigi yang putih bersih. Hidup Anda akan terasa bahagia. Selain itu hasil yang didapat juga bisa menjadi aset untuk menggapai kesuksesan. Bila Anda merasa punya wajah yang ‘good looking’, coba saja datang untuk cast iklan atau film.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar